Upaya Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Makassar Tahun 2019

Authors

  • Shasliani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i1.2

Keywords:

learning difficulties, social studies education

Abstract

Abstract

The purposes of this study were to determine the factors that influence students 'learning difficulties in social studies learning and to determine teachers' efforts to overcome student learning difficulties in social studies subjects at SMP Negeri 24 Makassar. The present research is descriptive qualitative research. In the process of collecting data, the researcher used the method of observation, interviews, documentation and questionnaires (list of questions). The results of the study showed that the factors that influence students' learning difficulties in studying social studies at SMP Negeri 24 Makassar were dominated by intelligence, attention, interest, family economic conditions, teaching methods and social studies material as well as social partners. And the teacher's efforts to overcome learning difficulties are to re-explain the material that is not yet understood by the students, use methods that make students active, give assignments (homework), provide motivation to learn and add hours outside school

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam belajar IPS di SMP Negeri 24 Makassar dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (daftar pertanyaan). Validasi data menggunakan Triangulasi. Teknik analisa data dengan cara deskriptif (non statistik) yaitu penelitian dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan tiap kategori untuk memperoleh kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam belajar IPS di SMP Negeri 24 Makassar didominasi oleh faktor intelegensi, perhatian, minat, keadaan ekonomi keluarga, metode mengajar dan materi IPS serta teman bergaul.  Upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar adalah menjelaskan kembali materi yang belum dipahami siswa, menggunakan metode yang membuat siswa aktif, memberi tugas (PR), memberikan motivasi belajar dan menambah jam di luar jam pelajaran sekolah

Kata kunci: kesulitan belajar, mata pelajaran IPS

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Shasliani. (2020). Upaya Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Makassar Tahun 2019. Heritage, 1(1), 23-42. https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i1.2